728x90 AdSpace

umum
Sabtu, 07 Desember 2013

Elviana Politisi Wanita Yang Dekat Dengan Masyarakat

Kerincigoogle.com, Kota Jambi – Ramah, murah senyum, intelektual dan bersahabat, sosok itulah yang kita lihat jika bertemu dengannya. Dra Hj Elviana, M.Si  yang sekarang menjabat sebagai  ketua Komite III DPD RI. Saat ini mencalonkan kembali sebagai calon legislatif DPR RI dapil Jambi pada  Pemilihan Legislatif 2014.

Elviana  salah satu srikandi  diantara caleg DPRI dapil Jambi  yang mempunyai figur dan dekat dengan masyarakat Jambi. Dengan pengalaman yang sudah tidak diragukan lagi saat berada di senayan selama 10 tahun ini dan sudah berbuat banyak untuk masyarakat jambi serta melakukan perubahan di dunia pendidikan di Jambi.

Berikut petikan wawancara Redaksi Jambi Star bersama Dra Hj Elviana, M.Is saat ditemui diruang kerjanya. sebelum terjun ke dunia politik, apa kegiatan yang dilakukan?

Saya 11 tahun menjadi dosen tetap di Univesitas Jambi, dosen biologi di FKIP. Sambil ngajar juga  STIE & ASM Jambi dan  guru kader di PDIP.

Bagaimana perjalanan ibu sampai  bisa ikut  terjun ke dunia politik?

Pada Tahun 2004  saya terima tawaran DPP untuk maju caleg DPR RI nomor urut 1. Pertama saya tolak, karena pada saat bersamaan saya ditawarkan jadi kepala dinas pendidikan di kabupaten Tebo. Setelah saya diberitahu oleh seseorang bahwa di DPR RI saya bisa  ikut menentukan kebijakan negara ini, akhirnya saya  ambil. Saya  tingggalkan PNS. Alhamdulillah saya lolos menduduki kursi urutan ke 3 dr 7 kursi DPR RI dapil Jambi.

Dalam perjalanan menjadi anggota DPR RI periode  2004 – 2009,  saya berkesimpulan bahwa DPR benar-benar  surganya karir. Kita  punya power yg full untuk  menolong rakyat & daerah Jambi.

Waktu duduk di komisi X DPR RI  tidak terhitung  banyaknya dana pendidikan untuk  ruang kelas baru, USB, alat labor yang saya  bantu salurkan ke Jambi, termasuk tahun 2006 membantu Universitas Batanghari men dapatkan dana 900 juta dari ditjen Dikti. Sejak itulah wajah tampak depan gedung Unbari berubah total. Selain itu membantu  400 juta untuk  STKIP Muhammadiyah Kerinci.

Waktu pindah ke komisi IV , saya carikan bantuan benih padi untuk petani jambi dan dana PUAP 100 juta untuk  hampir semua kelompok  tani se Jambi.

Setelah berhasil duduk di Senayan, ibu kembali mengikuti caleg DPD RI?

Ya betul,  hasil kerja saya yang total untuk rakyat Jambi, alhamdulillah dibalas oleh rakyat Jambi dengan memperoleh suara terbanyak 127 ribu dari 56 calon DPD RI saat itu.  Sadar di DPD RI  wewenangnya lemah untuk  bisa menolong rakyat & daerah Jambi, maka agustus tahun  2011 saya terima tawaran bapak  Suryadharma Ali untuk  bergabung ke PPP sambil menyelesaikan tugas-tugas saya  sebagai  anggota DPDRI. Saat ini saya  ketua Komite III DPD RI, bermitra diantaranya dg menteri agama.

Ketika duduk di DPD RI, apa yang telah ibu berikan untuk masyarakat Jambi?

Salah satu hasil kerja saya yg sudah diminta rakyat Jambi adalah selesainya urusan sertifikasi guru yg bernaung di bawah Kementrian agama di provinsi  Jambi. Yang sebelumnya semrawut.
Juga  banyak membawa bantuan untuk pondok peseantren, madrasah & masjid di Jambi.
Saat ini saya sedang mengupayakan STAIN Kerinci naik status menjadi IAIN Kerinci Mohon do’anya.

Saat ini ibu mencalonkan kembali di DPR RI dapil Jambi pada Pileg 2014, apakah sebelumnya ibu belum merasa puas dengan prestasi yang telah ibu berikan untuk masyarakat Jambi?

Selagi saya masih mampu untuk berikan yang terbaik untuk masyarakat Jambi, kenapa tidak?

Karena saya sangat mencintai Jambi, jadi saya akan berjuang  demi kesejahteraan dan perubahan bagi seluruh masyarakat Jambi.

Mengingat wewenang DPR sangat luas untuk  menolong rakyat Jambi dan  punya pengalaman 5 thn berkarir disana, tau seluk beluk cara merebut anggaran untuk  rakyat Jambi, maka untuk tahun  2014 saya putuskan kembali nyaleg k DPR RI melalui PPP.

Berapa target suara yang harus dicapai?

Saya optimis saya lolos. Target perolehan suara minimal 300 rb. Full untuk 1 kursi, terbuka peluang untuk dapat 2 kursi. (JS/Gustav)

Sumber : KT On
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Elviana Politisi Wanita Yang Dekat Dengan Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: kg