728x90 AdSpace

umum
Selasa, 24 Desember 2013

Martias, Kabid di Dishub Kerinci Ditangkap

KERINCI - Di saat ribuan peserta tes CPNS menunggu hasil tes CPNS yang akan diumumkan hari ini, Kepala Bidang Manajemen Lalulintas, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkab Kerinci, Martias, Senin (23/12) ditangkap oleh Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kerinci.

Penangkapan itu dilakukan, karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus penipuan terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2009 lalu, sehingga korbannya mengalami kerugian mencapai Rp 130 juta.

Informasi yang didapat Tribun, penangkapan tersebut dilakukan saat yang bersangkutan keluar dari kantornya. Petugas yang sudah lama mengincar Martias, langsung membawa tersangka ke Mapolres Kerinci.

Kapolres Kerinci, AKBP A Mun’im, melalui Kasat Reskrim, AKP Agus Saleh, mengatakan adanya penangkapan terhadap tersangka kasus penipuan CPNS yakni Martias, yang bekerja di Dinas Perhubungan Kerinci.

 Benar, penangkapan kita lakukan saat yang bersangkutan sedang keluar kantor. Setelah itu langsung dibawa ke Mapolres Kerinci,” kata Kasat Reskrim Polres Kerinci, dikonfirmasi Tribun kemarin.
Disampaikannya, penipuan atau penggelapan yang dilakukan oleh tersangka, terjadi pada 2009 lalu. Tersangka mengaku bisa membantu meluluskan korbannya sebagai PNS, dengan membayar sejumlah uang.

Namun sampai saat tes dilaksanakan, ternyata korban tidak lulus sebagai PNS. Sedangkan tersangka tidak bersedia mengembalikan uang tersebut. ”Korbannya bernama Maryono, warga Desa Bedeng Delapan, Kecamatan Kayu Aro,” ungkapnya.

Saat diperiksa petugas, kata Agus Saleh, pria yang pernah menjabat sebagai Kasi Disiplin BKD Kerinci itu mengakui perbuatannya. Martias juga mengaku mengambil uang kepada korbannya. ”Tersangka tidak memiliki iktikat baik untuk mengembalikan uang itu,” kata Agus.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka diancam dengan pasal 378, dengan ancaman empat tahun penjara. ”Kita menggunakan pasal pengecualian, sehingga tersangka bisa kita tahan meski ancamannya di bawah lima tahun,” pungkas Kasat Reskrim Polres Kerinci. AJB hanya teken saja
Setelah mengikuti tes pada 3 November lalu, akhirnya peserta tes CPNS di Kota Sungaipenuh, sudah bisa mengetahui hasilnya. Hari ini hasil tes akan diumumkan oleh panitia.

Hasil tes sendiri sudah sampai di Kota Sungaipenuh sejak Minggu (22/12), yang dibawa langsung oleh Sekda, Yuskal.

Dan Senin (23/12), langsung dilakukan serahterima kepada Wali Kota Sungaipenuh, Asyafri Jaya Bakri (AJB). Selanjutnya hasil tes diserahkan kepada BKD untuk diumumkan.

Wali Kota Sungaipenuh AJB, seusai menerima hasil tes CPNS, mengatakan penyerahan hasil tes ini dilaksanakan secara terbuka, yang disaksikan langsung oleh Forkomfinda, LSM, Mahasiswa, dan sejumlah wartawan.

 Segel penutup amplop juga masih terpasang. Saat berlangsungnya tes beberapa pekan lalu, juga demikian. LJK yang sudah diisi oleh pelamar, langsung dibawa ke Jakarta,” kata AJB, kemarin.
Sebelum diumumkan kepada nasyarakat, hasil tes CPNS ini terlebih dahulu ditandatangani oleh wali kota. ”Kami hanya melakukan tandatangan saja, sesuai dengan instruksi mentri,” katanya.

Dia berharap, adanya tandatangan tersebut tidak mengubah persepsi masyarakat, bahwa dirinyalah yang menentukan kelulusan CPNS. ”Jangan masyarakat beranggapan saya yang menentukan kelulusan,” jelasnya.

Untuk pengumuman, AJB mengatakan akan diumumkan di Mapolres Kerinci dan media massa. ”Ini supaya masyarakat bisa tahu siapa saja yang lulus,” katanya

Sumber : Tribunjambi.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Martias, Kabid di Dishub Kerinci Ditangkap Rating: 5 Reviewed By: kg