728x90 AdSpace

umum
Rabu, 11 Juli 2012

Inilah Kisah TKW Dapat Warisan Miliaran Rupiah

KerinciGoogle.com - Tak semua tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia bernasib tragis di Arab Saudi. Seperti Ruyati binti Satubi yang dieksekusi pancung tanpa sempat mendapat pembelaan maksimal, atau Sumiati binti Salan Mustapa yang disiksa majikan hingga lumpuh, dan bibir bagian atasnya hilang.

Seperti diberitakan Al Arabiya News, seorang perempuan asal Indonesia yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga mendadak jadi miliuner, setelah mewarisi uang sebesar 20 juta rial Arab Saudi atau setara US$5,45 juta dari mantan majikan yang menjadi suaminya. Demikian dilaporkan surat kabar Okaz. Jika dirupiahkan, maka uang yang Ilustrasi: TKW di Arab Saudi dapat warisan miliaran rupiahditerima perempuan tersebut mencapai sekitar Rp50 miliar.

Kabar lain menyebut, warisan yang didapat senilai 6,3 juta rial Saudi atau setara lebih dari Rp15,7 miliar.

TKW tersebut datang ke Arab Saudi sekitar 10 tahun lalu untuk bekerja di rumah seorang konglomerat bidang properti di Taif Barat. Ia baru bekerja selama dua tahun, sebelum akhirnya dinikahi sang majikan.

"Namun, pernikahan tersebut tidak bertahan lama, karena suaminya meninggal dunia, meninggalkan kerajaan bisnis investasi untuk istri dan para anggota keluarga yang lain," demikian dilaporkan Okaz.

Pengamat sosial Arab Saudi, Abdullah Umar mengatakan, kekayaan yang diwarisi TKW itu terdiri dari beberapa bidang tanah dan bangunan apartemen di Taif, kebanyakan ada di pinggiran kota. Perempuan tersebut memutuskan untuk tetap tinggal di Arab Saudi sampai ia mendapatkan haknya.

Namun, kisah bahagia itu juga diwarnai perselisihan antara para ahli waris. Warisan untuk TKW itu digugat kerabat lain. Sampai akhirnya hakim Sheikh Abdurrahman al-Dakhil memutuskan, perempuan Indonesia itu berhak mendapat bagian dari kekayaan suaminya itu.

Setelah delapan tahun perselisihan, pengadilan juga memutuskan untuk menjual semua harta berwujud properti dan tanah, sesuai dengan permintaan ahli waris, untuk dibagi. Angka penjualan properti mencapai 300 juta rial Saudi atau setara US$80 juta.

Keberuntungan buruh migran asal Indonesia itu dikonfirmasi oleh rilis dari KBRI Riyad, melalui juru bicaranya  Riyad Hendar Pramudyo. Namun, rilis itu tidak menyebut nama TKW tersebut, untuk alasan keamanan. (adi)

• VIVAnews
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah Kisah TKW Dapat Warisan Miliaran Rupiah Rating: 5 Reviewed By: kg